Have a question?
Message sent Tutup
0
0 Ulasan

OpenGL

  • Deskripsi
  • Materi
  • Ulasan

Kursus ini dirancang untuk membantu peserta memahami konsep dasar dan teknik pemrograman grafis 3D menggunakan OpenGL. OpenGL adalah API grafis lintas platform yang digunakan untuk merender objek 2D dan 3D dalam berbagai aplikasi, mulai dari game, simulasi, hingga visualisasi data.

Dalam kursus ini, peserta akan belajar membuat dan mengendalikan objek 3D, mengelola pencahayaan, menerapkan tekstur, serta menambahkan interaksi pengguna. Dengan memahami OpenGL, peserta akan memiliki keterampilan dalam pengembangan aplikasi grafis yang efisien dan interaktif.

Apa yang Akan Dipelajari?

 

  1. Dasar-Dasar OpenGL

    • Cara kerja Rendering Pipeline dalam OpenGL.
    • Instalasi dan konfigurasi GLFW, GLEW, atau GLUT sebagai pustaka pendukung.
  2. Pembuatan Objek 3D

    • Menggunakan primitif OpenGL untuk membuat bentuk dasar (segitiga, kubus, bola, dll.).
    • Transformasi objek: translasi, rotasi, dan skala menggunakan matriks transformasi.
  3. Manajemen Kamera dan Perspektif

    • Penggunaan view matrix dan projection matrix untuk menampilkan perspektif 3D.
    • Implementasi kamera bebas menggunakan mouse dan keyboard.
  4. Pencahayaan dan Shading

    • Implementasi Phong Lighting Model untuk pencahayaan realistis.
    • Penggunaan shader untuk meningkatkan efek visual.
  5. Tekstur dan Mapping

    • Memuat dan menerapkan tekstur menggunakan koordinat UV.
    • Menggunakan teknik multitexturing dan mipmapping untuk optimasi.
  6. Interaksi dengan Pengguna

    • Menangani input dari mouse dan keyboard untuk navigasi atau manipulasi objek.
    • Event handling untuk zoom, rotasi, dan pergerakan kamera.
  7. Optimasi dan Rendering Lanjutan

    • Menggunakan VBO (Vertex Buffer Object) dan VAO (Vertex Array Object) untuk efisiensi.
    • Implementasi teknik culling dan level of detail (LOD) untuk meningkatkan performa.
  8. Pengujian dan Debugging

    • Menangani error dan meningkatkan performa aplikasi grafis.
    • Menggunakan alat bantu debugging untuk memantau rendering.
OpenGL
opengl
play button
Detail Kursus
Durasi 10 Jam 2 Menit
Materi 31
Tugas 1
Level Sedang

Jam Kerja

Monday 07.00 WIB - 16.00 WIB
Tuesday 08.00 WIB - 15.00 WIB
Wednesday 06.00 WIB - 15.00 WIB
Thursday 07.00 WIB - 16.00 WIB
Friday 08.00 WIB - 15.00 WIB
Saturday Closed
Sunday Closed